Flash News
  • 10 Cara Merawat Sofa… Sebagai ruangan yang terletak dibagian depan rumah ada ruang tamu yang harus didesain dengan menarik agar tamu anda tertarik dengan rumah dan kenyamanan ruang tamu…
  • Peluang Bisnis Cocopeat yang… Peluang bisnis cocopeat bisa dikembangkan di Indonesia saat ini. Cocopeat merupakan salah satu media yang umumnya dipakai untuk pertumbuhan tanaman dan juga budidaya hortikultura. Media…
  • Cara Mencuci Boneka Berbulu… Setiap perempuan pasti mempunyai boneka dari yang berukuran kecil hingga jumbo. Tak hanya satu, tapi dalam bentuk banyak, dan terkadang boneka juga dijadikan koleksi. Menurut…
  • Jenis Bahan Lemari Kabinet… Lemari kabinet merupakan tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang. Lemari kabinet tersebut bisa ditemukan di berbagai tempat untuk menyimpan barang agar mempunyai tampilan…
  • 5 Tips Memilih Jasa… Bisnis kosmetik adalah suatu usaha yang menguntungkan. Karena produk kosmetik sangatlah dibutuhkan warga negara. Walaupun, proses dalam pembuatannya sangatlah tidak mudah, maka dari itu muncullah…
Peternakan

Cara Membuat Pelet Apung dari Ampas Tahu yang Mudah untuk dilakukan

cara membuat pelet apung dari ampas tahu

Yuk kita cari tahu cara membuat pelet apung dari ampas tahu. Umumnya pelet apung dari ampas tahu dikonsumsi oleh ikan lele. Budidaya ikan lele seringkali menggunakan pelet apung dari ampas tahu untuk makanan utama.

Namun, pelet mempunyai harga yang cukup tinggi di pasaran, hal ini menjadikan biaya pengeluaran dalam budidaya ikan yang menggunakan pelet menjadi sangat banyak. Biaya yang cukup tinggi akan memberikan dampak terhadap keuntungan dari pemilik budidaya.

Banyak bahan baku lokal disekitar kita yang bisa kita manfaatkan sebagai sumber pada pembuatan pakan, antara lain seperti dedak padi, jagung, bungkil kedelai, ampas tahu, dan juga dedaunan. Yan paling penting bahan tersebut memiliki kandungan protein, memiliki nutrisi yang tinggi, mudah untuk diolah dan dihaluskan, tidak memiliki kandungan racun, dan juga mudah untuk didapatkan.

 

Membuat Pelet Apung dari Ampas Tahu

cara membuat pelet apung dari ampas tahu

Daripada membeli pelet dengan harga yang cukup tinggi, lebih baik kita memproduksi pelet sendiri menggunakan bahan yang sudah ada disekitar kita. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran terlebih untuk orang yang memiliki budidaya ikan.

Pastikan bahan yang kamu pakai memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh ikanmu. Berikut ini cara membuat pelet lele apung dari ampas tahu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 5 kg ampas tahu
  • 5 kg dedak
  • 1 lt molases
  • 200 ml EM-4 perikanan
  • 1,5 kg sampah kepala ikan asin
  • 2 sendok makan ragi tempe

Langkah-langkah pembuatannya

  1. Siapkan wadah seperti ember atau baskom, lalu masukkan molasses dan juga EM-4. Biarkan selama 2 jam, akan lebih bagus jika ditambahkan dengan aerasi.
  2. Press ampas tahu yang kamu dapatkan dari pengrajin tahu menggunakan balok kayu. Hal ini agar kandungan kadar air pada ampas tahu dapat berkurang.
  3. Campurkan ampas tahu yang sudah di press dengan dedak lalu aduk sampai semuanya tercampur dengan merata.
  4. Sebaiknya rendam sampah kepala ikan asin terlebih dahulu dengan air yang dicampur sekitar 1 sendok makan garam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar garam yang terkandung di kepala ikan asin.
  5. Siapkan blender atau mesin penghancur, lalu hancurkan kepala ikan asin dengan tambahan air menggunakan blender. Jika sudah halus campurkan ke adonan yang sudah dibuat sebelumnya.
  6. Beri larutan EM-4 yang sudah dicampur dengan molasses. Aduk sampai adonan tercampur secara merata.
  7. Step terakhir taburkan ragi tempe secara merata lalu aduk lagi sampai semua merata.
  8. Perhatikan bahan adonan, jangan sampai bahan adonan terlalu basah.
  9. Fermentasi adonan tersebut dalam waktu 7 sampai 10 hari di dalam ember atau bisa juga plastik yang diberi selang dan ujung diberi botol aqua yang terisi air.
  10. Setelah adonan terfermentasi, keluarkan adonan dan digelar pada karung yang sangat tipis. Hal ini bertujuan agar kadar air berkurang dan juga untuk melepas gas hasil dari fermentasi.
  11. Cetak adonan tersebut menggunakan alat sederhana atau bisa juga menggunakan mesin pelet. Mesin pencetak pelet bisa kamu cari di toko mesin atau di beberapa online store.
  12. Hasil pelet yang sudah dicetak dimasukkan ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan untuk dijemur. Jemur pelet tersebut sampai kering dalam kurun waktu sekitar 2 sampai 3 hari.
  13. Jika sudah kering, pelet siap diberikan pada ikan atau bisa juga disimpan terlebih dahulu. Aroma atau bau pelet apung yang dibuat sendiri memiliki aroma atau bau yang kurang menyengat dibandingkan dengan aroma pelet apung pabrikan.