Flash News
  • 10 Cara Merawat Sofa… Sebagai ruangan yang terletak dibagian depan rumah ada ruang tamu yang harus didesain dengan menarik agar tamu anda tertarik dengan rumah dan kenyamanan ruang tamu…
  • Peluang Bisnis Cocopeat yang… Peluang bisnis cocopeat bisa dikembangkan di Indonesia saat ini. Cocopeat merupakan salah satu media yang umumnya dipakai untuk pertumbuhan tanaman dan juga budidaya hortikultura. Media…
  • Cara Mencuci Boneka Berbulu… Setiap perempuan pasti mempunyai boneka dari yang berukuran kecil hingga jumbo. Tak hanya satu, tapi dalam bentuk banyak, dan terkadang boneka juga dijadikan koleksi. Menurut…
  • Jenis Bahan Lemari Kabinet… Lemari kabinet merupakan tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang. Lemari kabinet tersebut bisa ditemukan di berbagai tempat untuk menyimpan barang agar mempunyai tampilan…
  • 5 Tips Memilih Jasa… Bisnis kosmetik adalah suatu usaha yang menguntungkan. Karena produk kosmetik sangatlah dibutuhkan warga negara. Walaupun, proses dalam pembuatannya sangatlah tidak mudah, maka dari itu muncullah…
Dekorasi

Cara Mencuci Boneka Berbulu Tanpa Harus Membedah Isinya

boneka teddy bear

Setiap perempuan pasti mempunyai boneka dari yang berukuran kecil hingga jumbo. Tak hanya satu, tapi dalam bentuk banyak, dan terkadang boneka juga dijadikan koleksi. Menurut salah satu artikel pada website Mainan Boneka Organik by bonikkadolls, boneka mempunyai beberapa jenis, yaitu:

1. Boneka jari 

Boneka yang dimainkan menggunakan jari, yang memiliki desain yang kecil mungil.

2. Boneka tangan

Boneka yang biasanya digunakan oleh pendongeng dan dimainkan dengan tangan. Biasanya memiliki desain setengah body.

3. Boneka tali

Boneka ini mirip dengan wayang. Cara memainkanya dengan menggunakan tali.

4. boneka tongkat

Boneka yang menggunakan tongkat, yang disambungkan melalui tubuh atau tangan boneka. Jika memainkanya, anda tinggal memainkan tongkat tersebut.

boneka teddy bear

Tak hanya sebagai mainan saja, boneka juga mempunyai banyak manfaat, diantaranya yaitu:

  • Melatih kreativitas otak anak
    saat memainkan boneka, anak akan memainkanya dengan beberapa peran yang alur ceritanya dibuat sendiri, dan itu bisa melatih anak untuk berpikir kreatif.
  • Mempunyai kemampuan berbicara dengan baik
    anak akan lebih sering berbicara kepada boneka saat memainkan sebuah peran yang itu bisa melatih anak agar bisa berkomunikasi dengan lancar.

 

Banyak orang yang mempunyai boneka, tapi jarang untuk merawatnya atau mencucinya. Boneka yang jarang dicuci dapat mengganggu kesehatan penghuni rumah karena banyak kuman atau debu yang menempel. Dalam mencuci boneka tidak perlu sampai membedah isinya dan mengeluarkanya. Kita dapat menggunakan salah satu cara yang lebih simple seperti cara di bawah ini.

 

Cara mencuci boneka dengan manual (menggunakan tangan)

1. Rendam boneka terlebih dahulu

Anda bisa merendam boneka anda terlebih dahulu sekitar 15 menit – 30 menit dengan menggunakan deterjen. Merk detergen nya yang digunakan sesuai dengan selera anda. Kenapa perlu direndam terlebih dahulu?, karena dapat mengeluarkan dan menghilangkan kotoran yang ada di dalam boneka .

2. Sikat dengan sabun 

Setelah menghilangkan kotoran di dalam boneka, anda juga perlu menghilangkan kotoran atau noda  yang ada di luar. Anda bisa menggunakan bantuan alat, yaitu sikat yang memiliki permukaan yang lembut agar tidak merusak bulu boneka. Sikat boneka dengan sabun agar noda nya bisa memudar.

3. Bilas boneka dengan menggunakan sabun cair

Dalam membilas, anda harus membilasnya dengan bersih agar nanti setelah dijemur tidak bau apek dan berjamur.

3. Bilas lagi menggunakan cuka

Gunakan cuka 3 sendok dan campur menggunakan air. Kenapa si harus pakai cuka?. Membilas boneka dengan menggunakan cuka dapat membuat boneka menjadi lembut dan dapat menghilangkan bau, karena cuka mengandung asam asetat yang mampu melembutkan boneka.

4. Jemur 

Jemur boneka di bawah matahari. jika kondisi tidak panas, anda jangan mencuci boneka. Karena saat belum 100 persen kering, bisa membuat boneka anda berbau apek.

 

Cara mencuci boneka dengan mesin cuci

1. Isi air terlebih dahulu

Setelah mengisi air, tuangkan detergen sesuai yang dibutuhkan. Masukan boneka dan pencet tombol on. Tunggu 15 menit sampai 20 menit hingga mesin cuci berhenti.

2. Bilas boneka

Membilasnya bisa menggunakan sabun cair atau bisa menggunakan baking soda dan cuka. Jika menggunakan baking soda, campurkan 3 – 4 sendok baking soda ke dalam air, dan jika menggunakan cuka masukan juga 3 – 4 sendok.

3. Setelah itu keringkan boneka

Keringkan boneka dengan mesin cuci. Tunggu sekitar 15 menit.

“Mencuci boneka di mesin cuci apakah aman?”, aman. Tapi kalau kebersihannya, lebih bersih mencuci boneka secara manual atau dengan menggunakan tangan.