Flash News
  • Kenali Kebiasaan Buruk yang… Meski termasuk dalam penyakit yang ringan, namun jika tidak segera diatasi diare bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang akut. Diare bisa disebabkan oleh serangan zat…
  • Yusimox Sirup untuk Anak-Anak:… Amoksisilin adalah jenis antibiotik yang dapat digunakan pada anak-anak. Direkomendasikan untuk pasien dengan tonsilitis dan bronkitis, serta infeksi telinga. Obat ini juga dapat membantu dalam…
  • Manfaat Menjaga Kesehatan Kulit… Salah satu penyebab utama penuaan dini adalah kondisi kulit yang terlalu kering. Agar mengurangi risiko tersebut, perlu adanya lotion atau pelembab supaya kulit tidak terlalu kering dan…
  • Inilah Fakta dan Kemampuan… Anime tentang sekolah, cinta, olahraga, fantasi, dan komedi sangat populer. Tapi jika berbicara tentang anime bajak laut, One Piece mungkin satu-satunya seri di dunia yang…
  • Manfaat Menggunakan Lotion Susu Produk perawatan kulit yang biasa dikenal dengan body lotion pasti sudah tidak asing lagi didengar. Pasalnya, body lotion sendiri saat ini sudah menjadi kebutuhan primer…
Berkebun

Cara Merawat Bibit Udang Vaname Hingga Panen

how to budidaya udang vaname

Udang vaname adalah salah satu makanan laut yang sangat diminati oleh banyak orang. Hal itu karena rasanya yang sangat nikmat. Permintaan vaname relatif stabil membuka peluang usaha budidaya udang vaname ini. Prospek udang vaname cukup cerah baik untuk dijadikan bisnis sampingan atau usaha utama.

Jika anda tertarik untuk membudidaya udang vaname, anda harus mengenal lebih jauh bagaimana cara merawat bibit ikan vaname hingga panen. Berikut cara merawat bibit udang vaname hingga panen.

Persiapan Lokasi Budidaya Udang Vaname

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah wadah untuk budidaya udang vaname. Udang vamae dapat dibudidayakan di kolam air tawar atau kolam terpal. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kolam steril, tak mengandung hama, dan kualitas airnya baik.

how to budidaya udang vaname

Pemilihan dan Penebaran Bibit Udang Vaname

Selanjutnya adalah melakukan penebaran bibit udang vaname. Pastikan bahwa bibit udang vaname yang dipilih adalah udang vaname yang unggulan. Udang vaname yang kualitasnya kurang bagus akan berpengaruh buruk pada hasil budidaya. Udang vaname yang kurang baik kualitasnya akan lebih mudah terserang penyakit, ditumbuhi jamur, terkena penyakit, dan produktivitasnya kurang. Sebaliknya bibit udang vaname yang kualitasnya bagus akan menghasilkan udang vaname yang cukup memuaskan sebab tak akan banyak yang mati, terkena infeksi virus, jamur, dan penyakit.

Kualitas bibit udang vaname dapat dilihat dari cara berenangnya apabila bibit uadang vaname berenang dengan melawan arus maka hal itu berarti bibit udang vaname tersebut dalam kondisi cacat sehingga tak layak untuk dipilih.

Dalam penebaran bibit udang vaname tak ada waktu tertentu, artinya bisa ditebar kapan saja. Namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi suhu kolam. Namun suhu air tetap menjadi perimbangan dalam menebarkan bibit udang. Tebarlah saat matahari tidak sedang menyengat. Baiknya udang vaname ditebar saat pagi hari sebelum jam 10:00 atau sore harinya, namun pada umumnya beberapa petani ikan melakukan tebar udang vaname di kolam pada pukul 06:00 pagi.

Waktu penebaran bibit udang vaname sangatlah menentukan kualitas udang vaname pada umumnya, oleh sebab itu sebaiknya lakukan penebaran benur (bibit udang vaname) pada pagi hari untuk mendapatkan kualitas dan agar benur tidak mudah mati.

Pemeliharaan Bibit Udang Vaname

Bibit udang vaname dapat dipelihara dalam kolam apapun asalkan memperhatikan suhu kolam, kandungan oksigen, dan kadar keasaman air (pH). Kondisi air adalah faktor yang sangat penting dalam pemeliharaan bibit udang vaname. Apabila kondisi kurang pas maka pertumbuhan bibit udang vaname akan kurang maksimal. Itulah sebab pemantauan terhadap kualitas air sangat penting dalam pemeliharaan bibit udang vaname.

Pemberian Pakan Bibit Udang Vaname

Bibit udang vaname harus senantiasa diberi pakan yang bernutrisi tinggi agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi udang yang berkualitas tinggi. Sebaiknya berikanlah pakan yang mengandung kadar protein sebanyak 30%. Pakan dapat diberikan sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

Panen Udang Vaname

Proses pemanenan dilakukan saat udang vaname telah mencapai usia kira kira 4 – 6 bulan. Pada usia ini udang vaname telah mencapai ukuran maksimalnya dan siap untuk dijual dipasaran.