Flash News
  • 10 Cara Merawat Sofa… Sebagai ruangan yang terletak dibagian depan rumah ada ruang tamu yang harus didesain dengan menarik agar tamu anda tertarik dengan rumah dan kenyamanan ruang tamu…
  • Peluang Bisnis Cocopeat yang… Peluang bisnis cocopeat bisa dikembangkan di Indonesia saat ini. Cocopeat merupakan salah satu media yang umumnya dipakai untuk pertumbuhan tanaman dan juga budidaya hortikultura. Media…
  • Cara Mencuci Boneka Berbulu… Setiap perempuan pasti mempunyai boneka dari yang berukuran kecil hingga jumbo. Tak hanya satu, tapi dalam bentuk banyak, dan terkadang boneka juga dijadikan koleksi. Menurut…
  • Jenis Bahan Lemari Kabinet… Lemari kabinet merupakan tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang. Lemari kabinet tersebut bisa ditemukan di berbagai tempat untuk menyimpan barang agar mempunyai tampilan…
  • 5 Tips Memilih Jasa… Bisnis kosmetik adalah suatu usaha yang menguntungkan. Karena produk kosmetik sangatlah dibutuhkan warga negara. Walaupun, proses dalam pembuatannya sangatlah tidak mudah, maka dari itu muncullah…
Furniture

Jangan Sampai Salah! Kenali Jenis-Jenis Karpet Lantai

jenis-jenis karpet

Istilah karpet berasal dari bahasa italia kuno yaitu carpita atau carpire yang artinya bulu. Nama lain dari karpet tersebut adalah karpet yang berbentuk kain penutup lantai yang terdiri dari bahan atas yaitu (berbulu) yang melekat di komponen alas bawahnya.Komponen yang dipakai dalam membuat karpet cukup beraneka ragam jenisnya, ada yang dibuat dari material kain sutra, kulit binatang, wol (bulu domba), serat plastik atau nylon polypropylene dan setiap masing-masing material memiliki keunggulan, kualitas dan harga yang berbeda.

Fungsi dari karpet adalah untuk mempercantik ruangan karena bahan dan coraknya yang sangat menawan. Menurut website cuci karpet semarang by Dira Care, karpet memiliki banyak kegunaan, diantaranya yaitu:

  1. Dapat menciptakan suasana dan sebagai hiasan pada suatu ruangan.
  2. Sebagai tempat perlengkapan rumah untuk melindungi lantai dari tekanan berat, agar lantai tetap awet dan menawan.
  3. Memuaskan dan memberikan kenyamanan pada saat seseorang berjalan.
  4. Untuk mengurangi suara bising dari lantai satu dengan lantai yang lain. Bisa juga meredam suara langkah kaki yang sedang berjalan atau adanya alat musik elektronik lainnya.

Mengenali Jenis-Jenis Karpet Lantai

jenis-jenis karpet

1. Menentukan jenis karpet sesuai bentuknya

  • Karpet tile
    karpet tile merupakan karpet yang bentuknya hampir sama dengan ubin ataupun keramik dengan motif garis-garis serta warna yang seimbang sesuai dengan karpet tile lain-lainnya. Sehingga menimbulkan kesan terhadap karpet yang sederhana namun rupawan. Karpet dengan jenis ini banyak digunakan di tempat-tempat yang lebih luas seperti di ballroom gedung perkantoran atau tempat meeting.
  • Karpet permadani
    karpet permadani adalah karpet yang ditempatkan dalam ruangan-ruangan yang rileks yaitu di kamar tidur ataupun ruang keluarga. Selain di gunakan di ruangan yang rileks karpet tersebut dapat berguna untuk mempercantik suatu ruangan yaitu sebagai alas duduk dan dapat memberikan suasana yang hangat bagi keluarga.
  • Karpet meteran
    Karpet meteran atau disebut juga karpet kantor merupakan jenis karpet yang sering digunakan di berbagai macam ruangan. Namun karpet tersebut banyak dikenal sebagai karpet yang serbaguna karena karpet tersebut memiliki ukuran yang panjang dan berbentuk persegi panjang. Biasanya karpet tersebut bisa di temukan di acara-acara hajatan atau tempat ibadah sebagai sajadah di mushola.

2. Menentukan jenis karpet sesuai cara pembuatannya

  • Karpet gulungan
    karpet dengan jenis bentuk seperti ini dibuat menggunakan mesin dan mempunyai bulu dan tidak di anyam.
  • Karpet anyam
    karpet anyam adalah jenis karpet yang berbeda dengan karpet gulungan karena karpet ini memiliki bulu-bulu yang menyambung dan dapat dianyam, Biasanya menggunakan alat mesin yang modern atau dengan yang manual yaitu sulaman tangan.

3. Menentukan jenis karpet sesuai ornamen atau motifnya

  • Ornamen Tradisional atau antik adalah karpet yang memiliki ornamen unsur seni. Biasanya unsur ini sangatlah kental dengan tradisionalnya. Maka dari itu karpet tersebut banyak diberi hiasan-hiasan sebagian pada pinggir karpet tersebut. Biasanya ornamen tersebut terdapat pada karpet permadani persia.
  • Ornamen Modern atau baru adalah karpet yang lebih sederhana dari tradisional. Bentuknya yang elegan membuatnya elok di pandang dengan perpaduan warna serta garis yang sesuai dengan perlengkapan ruangan lainnya akan menghasilkan ruangan yang memiliki tema tersendiri dan menyatu dengan fungsi dari ruangan tersebut.

4. Menentukan jenis karpet sesuai dengan bahannya

  • Karpet katun
    Karpet katun adalah karpet yang berbahan jenis katun. Namun banyak yang mengira jika katun hanya bisa di gunakan di pakaian saja. Padahal katun juga dapat menjadi bahan karpet karena teksturnya yang lembut dan nyaman, sehingga menjadikan katun sebagai bahan yang cocok digunakan di ruangan manapun.
  • Karpet kulit hewan
    Karpet kulit hewan adalah karpet dengan bahan yang istimewa yaitu menggunakan kulit hewan asli dan memiliki tekstur yang lembut sehingga memberikan rasa hangat bagi pengguna karpet tersebut.
  • Karpet sisal
    Karpet sisal adalah jenis karpet yang menggunakan bahan baku dari tumbuhan berdaun yang kuat dan memiliki tekstur yang kasar namun aman saat digunakan.