Flash News
  • 10 Cara Merawat Sofa… Sebagai ruangan yang terletak dibagian depan rumah ada ruang tamu yang harus didesain dengan menarik agar tamu anda tertarik dengan rumah dan kenyamanan ruang tamu…
  • Peluang Bisnis Cocopeat yang… Peluang bisnis cocopeat bisa dikembangkan di Indonesia saat ini. Cocopeat merupakan salah satu media yang umumnya dipakai untuk pertumbuhan tanaman dan juga budidaya hortikultura. Media…
  • Cara Mencuci Boneka Berbulu… Setiap perempuan pasti mempunyai boneka dari yang berukuran kecil hingga jumbo. Tak hanya satu, tapi dalam bentuk banyak, dan terkadang boneka juga dijadikan koleksi. Menurut…
  • Jenis Bahan Lemari Kabinet… Lemari kabinet merupakan tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang. Lemari kabinet tersebut bisa ditemukan di berbagai tempat untuk menyimpan barang agar mempunyai tampilan…
  • 5 Tips Memilih Jasa… Bisnis kosmetik adalah suatu usaha yang menguntungkan. Karena produk kosmetik sangatlah dibutuhkan warga negara. Walaupun, proses dalam pembuatannya sangatlah tidak mudah, maka dari itu muncullah…
Kesehatan

Kenali Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Diare

diare

Meski termasuk dalam penyakit yang ringan, namun jika tidak segera diatasi diare bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang akut. Diare bisa disebabkan oleh serangan zat asing seperti virus, kuman, dan bakteri yang memicu infeksi pada saluran pencernaan.

Virus yang dapat menyebabkan diare adalah rotavirus. Serangan virus ini menyebabkan saluran pencernaan mengalami peradangan. Diare yang diakibatkan rotavirus rentan dialami oleh bayi dan anak-anak. Selain itu jenis diare ini juga paling banyak ditemui di daerah dengan sanitasi buruk.

 

Kebiasaan Buruk Penyebab Diare yang Harus Dihindari

diare

Virus penyebab diare bisa masuk kedalam tubuh disebabkan oleh kebiasaan yang buruk. Contohnya adalah malas mencuci tangan menggunakan sabun sebelum mengkonsumsi makanan. Berikut ini adalah beberapa perilaku tidak sehat yang perlu dihindari agar tidak terkena diare. Antara lain:

1.     Menggunakan Air dari Sumber yang Tidak Bersih

Penderita diare banyak ditemui di negara yang fasilitas kebersihannya sangat buruk dan tidak memiliki persediaan air bersih yang cukup. Akibatnya, air kotor pun terpaksa digunakan dan hal tersebut merupakan penyebab terbesar munculnya diare.

Virus dan bakteri akan mudah menempel pada tubuh. Terlebih jika saat membersihkan badan tidak menggunakan sabun. Zat asing pemicu diare akan gampang masuk dan mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh.

2.     Makan Makanan Sisa yang Dingin

Jika makanan yang Anda konsumsi masih ada sisa, sebaiknya disimpan dengan baik dalam wadah yang tertutup. Karena jika dibiarkan begitu saja, makanan akan mudah terkontaminasi oleh virus, bakteri, serta zat asing lainnya.

Bila makanan sisa tersebut dikonsumsi, zat asing seperti virus akan langsung masuk kedalam tubuh. Akibatnya, infeksi pada saluran pencernaan pun akan mudah terjadi dan menyebabkan diare.

3.     Intoleransi Makanan

Selain disebabkan oleh virus, diare juga bisa dipicu oleh kondisi intoleransi makanan tertentu. Contohnya bayi yang intoleransi laktosa, bila susu yang diminum mengandung nutrisi tersebut maka bisa memicu penyakit diare.

Sebab itulah sangat penting mengetahui penyebab pasti dari diare. Karena bisa jadi tubuh Anda tidak toleran terhadap jenis makanan tertentu. Bila diare tidak juga reda dalam kurun waktu 14 hari, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Salah satu penyebab diare yang paling umum adalah kurangnya menjaga kebersihan badan terutama bagian tangan. Karena itu Anda harus sering mencuci tangan menggunakan sabun yang sudah terbukti mampu mengusir penyebab penyakit seperti sabun Medicare. Dengan begitu diare dapat mudah dicegah.