Flash News
  • Kenali Kebiasaan Buruk yang… Meski termasuk dalam penyakit yang ringan, namun jika tidak segera diatasi diare bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang akut. Diare bisa disebabkan oleh serangan zat…
  • Yusimox Sirup untuk Anak-Anak:… Amoksisilin adalah jenis antibiotik yang dapat digunakan pada anak-anak. Direkomendasikan untuk pasien dengan tonsilitis dan bronkitis, serta infeksi telinga. Obat ini juga dapat membantu dalam…
  • Manfaat Menjaga Kesehatan Kulit… Salah satu penyebab utama penuaan dini adalah kondisi kulit yang terlalu kering. Agar mengurangi risiko tersebut, perlu adanya lotion atau pelembab supaya kulit tidak terlalu kering dan…
  • Inilah Fakta dan Kemampuan… Anime tentang sekolah, cinta, olahraga, fantasi, dan komedi sangat populer. Tapi jika berbicara tentang anime bajak laut, One Piece mungkin satu-satunya seri di dunia yang…
  • Manfaat Menggunakan Lotion Susu Produk perawatan kulit yang biasa dikenal dengan body lotion pasti sudah tidak asing lagi didengar. Pasalnya, body lotion sendiri saat ini sudah menjadi kebutuhan primer…
Kesehatan

Mengenal Lebih Dekat Jenis Kifosis

Kifosis sangat umum dialami oleh sebagian orang tanpa disadari sebab kifosis seringkali tak menimbulkan masalah apapun bagi kesehatan. Kifosis sendiri adalah kelainan tulang belakang dimana tulang belakang mengalami kelengkungan diatas 45 derajat sehingga punggung tampak bengkok dan penderita agak membungkuk.

Meski kedengarannya sepele, kifosis sebetulnya dapat sangat berbahaya sebab sebagian kasus kifosis menyebabkan penderita mengalami masalah fungsi organ, kesulitan bernafas dan kerap mengalami kaku dan sakit pada punggung.

Kifosis sendiri terdapat beragam jenis. Dalam artikel ini kami akan membagikan pengetahuan seputar jenis kifosis untuk menambah wawasan pengetahuan kesehatan. Berikut ulasannya:

1. Kifosis postural

Kifosis postural adalah kondisi dimana seseorang mengalami kifosis akibat sikap tubuh yang salah serta postur tubuh yang kurang tepat. Kifosis postural juga bisa disebabkan oleh masalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Umumnya kifosis postural terjadi pada remaja dan lansia.

 

2. Kifosis kogenital

Kifosis kogenital adalah kelainan sejak lahir yang disebabkan oleh pertumbuhan tulang belakang yang tidak sempurna selama dalam rahim sehingga saat lahir dan besar masalah kifosis dapat menjadi semakin parah.

 

3. Kifosis metabolik

Kifosis jenis ini terjadi akibat ketidakmampuan tubuh dalam memproses zat penting yang dibutuhkan oleh tulang seperti fosfor, magnesium, kalsium dan juga mineral. Akibat tulang tak mendapatkan asupan yang diperlukan menyebabkan tulang menjadi rapuh, lemah, dan mudah mengalami kelengkungan.

 

4. Kifosis pascatrauma

Kifosis pascatrauma adalah kifosis yang terjadi akibat patah tulang atau retak pada tulang belakang. Ini bisa terjadi karena kecelakaan yang menyebabkan benturan keras pada tulang belakang. Tulang yang patah, retak, atau rusak akan mengalami kelengkungan.

 

5. Kifosis scheuermann

Jenis kelainan terakhir ada kifosis scheuermann yaitu kondisi dimana pada bagian ruas tulang terjadi pertumbuhan berbentuk segitiga sehingga ini menyebabkan tulang belakang menjadi melengkung ke depan secara berlebih.

 

Kapan harus periksa ke dokter?

Apabila anda merasakan nyeri pada bagian punggung serta terjadi perubahan postur tubuh, segera datangi dokter. Kifosis sebaiknya dikonsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.