Flash News
  • Cara Membuat Bakso Oseng… Pada artikel saya kali ini akan bahas tentang cara membuat bakso oseng mercon. Bakso adalah makanan khas dari Nusantara yang berasal dari budaya Tiongkok. Hidangan…
  • Tahukah Anda Cara Membuat… Bak sampah fiber banyak digunakan untuk berbagai jenis sampah baik yang organik ataupun anorganik. Padahal sebetulnya perlu pemilahan yang tepat untuk memisahkan kedua jenis sampah…
  • Cara Mengatasi Laptop Tidak… Apakah pernah laptop mengalami hang dan mati? Tidak perlu risau jika mengalami hal tersebut karena pasti dapat diperbaiki. Terdapat banyak cara mengatasi laptop tidak bisa…
  • Tips Hemat Pindah ke… Jika pindahan rumah dalam kota saja sudah menghabiskan banyak tenaga, apalagi jika Anda melakukan pindah rumah ke luar kota atau terpaksa pindah karena Anda di…
  • Mengenal Lebih Dekat Jenis… Kifosis sangat umum dialami oleh sebagian orang tanpa disadari sebab kifosis seringkali tak menimbulkan masalah apapun bagi kesehatan. Kifosis sendiri adalah kelainan tulang belakang dimana…
Kesehatan

Mengenal Lebih Dekat Jenis Kifosis

Kifosis sangat umum dialami oleh sebagian orang tanpa disadari sebab kifosis seringkali tak menimbulkan masalah apapun bagi kesehatan. Kifosis sendiri adalah kelainan tulang belakang dimana tulang belakang mengalami kelengkungan diatas 45 derajat sehingga punggung tampak bengkok dan penderita agak membungkuk.

Meski kedengarannya sepele, kifosis sebetulnya dapat sangat berbahaya sebab sebagian kasus kifosis menyebabkan penderita mengalami masalah fungsi organ, kesulitan bernafas dan kerap mengalami kaku dan sakit pada punggung.

Kifosis sendiri terdapat beragam jenis. Dalam artikel ini kami akan membagikan pengetahuan seputar jenis kifosis untuk menambah wawasan pengetahuan kesehatan. Berikut ulasannya:

1. Kifosis postural

Kifosis postural adalah kondisi dimana seseorang mengalami kifosis akibat sikap tubuh yang salah serta postur tubuh yang kurang tepat. Kifosis postural juga bisa disebabkan oleh masalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Umumnya kifosis postural terjadi pada remaja dan lansia.

 

2. Kifosis kogenital

Kifosis kogenital adalah kelainan sejak lahir yang disebabkan oleh pertumbuhan tulang belakang yang tidak sempurna selama dalam rahim sehingga saat lahir dan besar masalah kifosis dapat menjadi semakin parah.

 

3. Kifosis metabolik

Kifosis jenis ini terjadi akibat ketidakmampuan tubuh dalam memproses zat penting yang dibutuhkan oleh tulang seperti fosfor, magnesium, kalsium dan juga mineral. Akibat tulang tak mendapatkan asupan yang diperlukan menyebabkan tulang menjadi rapuh, lemah, dan mudah mengalami kelengkungan.

 

4. Kifosis pascatrauma

Kifosis pascatrauma adalah kifosis yang terjadi akibat patah tulang atau retak pada tulang belakang. Ini bisa terjadi karena kecelakaan yang menyebabkan benturan keras pada tulang belakang. Tulang yang patah, retak, atau rusak akan mengalami kelengkungan.

 

5. Kifosis scheuermann

Jenis kelainan terakhir ada kifosis scheuermann yaitu kondisi dimana pada bagian ruas tulang terjadi pertumbuhan berbentuk segitiga sehingga ini menyebabkan tulang belakang menjadi melengkung ke depan secara berlebih.

 

Kapan harus periksa ke dokter?

Apabila anda merasakan nyeri pada bagian punggung serta terjadi perubahan postur tubuh, segera datangi dokter. Kifosis sebaiknya dikonsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.