Flash News
  • Kenali Kebiasaan Buruk yang… Meski termasuk dalam penyakit yang ringan, namun jika tidak segera diatasi diare bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang akut. Diare bisa disebabkan oleh serangan zat…
  • Yusimox Sirup untuk Anak-Anak:… Amoksisilin adalah jenis antibiotik yang dapat digunakan pada anak-anak. Direkomendasikan untuk pasien dengan tonsilitis dan bronkitis, serta infeksi telinga. Obat ini juga dapat membantu dalam…
  • Manfaat Menjaga Kesehatan Kulit… Salah satu penyebab utama penuaan dini adalah kondisi kulit yang terlalu kering. Agar mengurangi risiko tersebut, perlu adanya lotion atau pelembab supaya kulit tidak terlalu kering dan…
  • Inilah Fakta dan Kemampuan… Anime tentang sekolah, cinta, olahraga, fantasi, dan komedi sangat populer. Tapi jika berbicara tentang anime bajak laut, One Piece mungkin satu-satunya seri di dunia yang…
  • Manfaat Menggunakan Lotion Susu Produk perawatan kulit yang biasa dikenal dengan body lotion pasti sudah tidak asing lagi didengar. Pasalnya, body lotion sendiri saat ini sudah menjadi kebutuhan primer…
Kesehatan

Mengenal Teknik Pengobatan Akupuntur

Akupuntur sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu cara pengobatan. Pertama kali muncul di daratan China, akupuntur kini digunakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri kita dapat dengan mudah menemukan klinik akupuntur di sekitar daerah kita.

Akupuntur terbukti efektif menangani masalah kesehatan seperti sakit kepala, sulit tidur, dan nyeri pada punggung. Akupuntur dilakukan dengan menusukan jarum-jarum halus ke kulit bagian titik tertentu pada tubuh. Seiring dengan zaman kini akupuntur telah diakui di dunia kedokteran sebagai salah satu pengobatan ilmiah yang masuk dalam ilmu kedokteran yang disebut dengan akupuntur medik. Mereka yang melakukan akupuntur medik adalah yang mempunyai gelar dokter spesialis akupuntur medik (SpAk) yang telah bersertifikasi.

Perbedaan Akupuntur Medik dan Akupuntur Tradisional

Dalam akupuntur tradisional dipadukan unsur spiritualitas yang mendasari seluruh teknik akupuntur yang ada. Masyarakat China percaya jika tubuh manusia mengandung energi Qi (Chi). Ketika tubuh seseorang dalam kondisi sehat maka Qi ini akan mengalir dengan lancar.

Demikian juga sebaliknya apabila seseorang terkena penyakit maka penyebab utamanya adalah aliran Qi yang terhalang. Akupuntur dilakukan agar supaya aliran Qi kembali mengalir dengan lancar. Akupuntur merangsang kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri.

Tentu saja akupuntur medik tak mengenal sama sekali klaim energi Qi dalam akupuntur tradisional. Akupuntur medik menggunakan pendekatan melalui ilmu anatomi tubuh dan fisiologi untuk merangsang baginan tertentu suaraf dan otot. Akupuntur dalam pandangan medik dapat merangsang pelepasan zat tertentu yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit.

Penyakit yang dapat disembuhkan dengan akupuntur

Biasanya akupuntur dapat bermanfaat untuk semua jenis penyakit. Namun akupuntur lebih sering digunakan untuk mengatasi masalah sebagai berikut:

Sakit kepala atau migrain, mual dan muntah sebagai efek samping pasca kemoterapi. Kram perut yang disebabkan oleh menstruasi. Radang pada bagian sendi, Muncul rasa nyeri pada bagian leher, lutut, dan leher. Mempercepat pemulihan pasca operasi.

Akupuntur telah melewati serangkaian penelitian untuk melihat pengaruhnya. Ternyata memang akupuntur sangat efektif menangani masalah-masalah diatas.