Flash News
  • 10 Cara Merawat Sofa… Sebagai ruangan yang terletak dibagian depan rumah ada ruang tamu yang harus didesain dengan menarik agar tamu anda tertarik dengan rumah dan kenyamanan ruang tamu…
  • Peluang Bisnis Cocopeat yang… Peluang bisnis cocopeat bisa dikembangkan di Indonesia saat ini. Cocopeat merupakan salah satu media yang umumnya dipakai untuk pertumbuhan tanaman dan juga budidaya hortikultura. Media…
  • Cara Mencuci Boneka Berbulu… Setiap perempuan pasti mempunyai boneka dari yang berukuran kecil hingga jumbo. Tak hanya satu, tapi dalam bentuk banyak, dan terkadang boneka juga dijadikan koleksi. Menurut…
  • Jenis Bahan Lemari Kabinet… Lemari kabinet merupakan tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang. Lemari kabinet tersebut bisa ditemukan di berbagai tempat untuk menyimpan barang agar mempunyai tampilan…
  • 5 Tips Memilih Jasa… Bisnis kosmetik adalah suatu usaha yang menguntungkan. Karena produk kosmetik sangatlah dibutuhkan warga negara. Walaupun, proses dalam pembuatannya sangatlah tidak mudah, maka dari itu muncullah…
Bisnis

Peluang Bisnis Cocopeat yang Menguntungkan dan Bisa Kamu Manfaatkan

Peluang bisnis cocopeat bisa dikembangkan di Indonesia saat ini. Cocopeat merupakan salah satu media yang umumnya dipakai untuk pertumbuhan tanaman dan juga budidaya hortikultura. Media tanam yang satu ini terbuat dari tempurung kelapa atau kulit aria.

Tahun 1984, pabrik asal Belanda yang bernama Dutch Plantin melakukan penelitian khusus pada cocopeat untuk pertama kali. Hasil penelitiannya sangat mengejutkan yang membuat cocopeat terus berkembang.

Sabut kelapa untuk membuat cocopeat umumnya terdiri dari gabut dan serat yang menjadi penghubung antar serat. Dalam setiap buah kelapa terdapat 75% kandungan serat.

 

Peluang Bisnis Cocopeat

Untuk memulai bisnis cocopeat sebenarnya tidak membutuhkan modal yang banyak. Peluang pasar ekspor yang besar dan juga potensi sabut kelapa yang melimpah di Indonesia adalah sebuah anugerah yang harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Banyak orang yang suka memakai cocopeat untuk media tanam, bahkan di luar negeri sekalipun. Hal ini karena banyaknya kelebihan ketika memakai media tanam cocopeat. Pemakaian cocopeat paling banyak di bidang peternakan dan juga pertanian, seperti :

  • Media tanam pot di persemaian
  • Media tanam rumput di lapangan
  • Campuran tanah untuk lahan pertanian dan juga perkebunan
  • Untuk budidaya jamur
  • Menetralisir bau kotoran ternak

Selain dimanfaatkan dalam bidang peternakan dan pertanian, cocopeat juga mempunyai beberapa manfaat dalam sisi ekonomi, seperti :

  • Terlibat dalam pemakaian produk alami.
  • Memiliki kontribusi pada pengembangan potensi daerah di bidang pertanian dan juga media tanam.
  • Membangun kegiatan usaha yang bisa menampung beberapa tenaga kerja lokal.
  • ikut berpartisipasi pada pengenalan cocopeat untuk masyarakat luas.

Dengan melihat dari beberapa sisi di atas, cocopeat bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Akan banyak permintaan akan cocopeat baik untuk pasar lokal dan juga pasar ekspor.

Terlebih untuk mendapatkan bahan baku pembuatan cocopeat sangat mudah. Untuk pembuatannya pun kamu bisa memakai mesin cocopeat agar lebih mudah. Namun, apabila kamu ingin memakai cara manual, kamu bisa mempekerjakan beberapa pegawai untuk membantu proses pembuatan.

Untuk awal memulai bisnis mungkin bisa saja memakai cara manual. Tetapi, ketika bisnis cocopeat yang kamu jalani sudah semakin berkembang, kamu pasti akan memerlukan mesin sabut kelapa untuk mempersingkat waktu pada proses produksi cocopeat.

Jenis Cocopeat yang Banyak di Pasaran

Dalam bisnis cocopeat, ada beberapa jenis yang sering ditemui di pasaran untuk diperdagangkan. Dengan tren pemakaian cocopeat untuk media tanam yang semakin berkembang, banyak produk baru yang diproduksi dan sering diperdagangkan, seperti :

  1. Cocopeat block, merupakan cocopeat yang berbentuk balok.
  2. Cocopot, merupakan pot dengan isi cocopeat yang ditempelkan.
  3. Cocomesh atau Coir net atau Geotextile net, umumnya dipakai untuk mencegah terjadinya konversi tambang, pencegahan erosi dan juga longsor, reklamasi tambang, dan lain sebagainya.
  4. Cocomulsa, biasa dipakai sebagai mulsa untuk perkebunan organik.
  5. Cocopeat disk, bentuknya seperti tablet dan dipakai dengan cara direndam dalam media tanam.

Kelebihan Pemakaian Cocopeat

Beberapa keunggulan pemakaian cocopeat menjadi media tanam organik dibandingkan dengan pemakaian media tanam yang lainnya, yaitu :

  1. Tekstur mirip dengan tanah, bentuk dan juga teksturnya yang seperti tanah dan butiran yang halus membuat tanaman terlihat sama bagusnya ketika ditanam di tanah.
  2. Mampu menyerap air dengan baik, media tanam cocopeat mempunyai daya serap air yang sangat baik. Cocopeat bisa menyimpan dan menahan air 10 kali lebih baik dibandingkan dengan tanah. Pastinya sangat baik untuk tanaman yang memakai sistem hidroponik.
  3. Ramah lingkungan, karena cocopeat terbuat dari bahan organik, pastinya lebih ramah lingkungan. Cocopeat juga bisa didaur ulang menjadi media tanam yang baru memakai proses tertentu.
  4. Lebih tahan lama, beberapa hama tidak suka berada di media tanam yang memakai cocopeat. Hal ini pastinya bisa melindungi tanaman dari serangan kerusakan dengan lebih baik.
  5. Lebih mudah untuk pemula, cocopeat sangat direkomendasikan untuk orang yang masih awam dalam penanaman. Dengan memakai cocopeat akan lebih mempermudah penanaman karena tekstur dan bentuknya yang mirip dengan tanah.